Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Etika dalam Pasar Kompetitif

| Sabtu, 07 Januari 2017
1. Jenis Pasar
Dalam sebuah pasar terdapat beberapa jenis yang dapat di kualifikasikan, yaitu :

A. Pasar Persaingan Sempurna
Suatu pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang di dagangkan adalah barang homogen atau barang yang sama, dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga. Dalam pasar persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan sangat mudah. Dilihat dari persaingan di luar harga, pasar persaingan sempurna tidak memiliki persaingan di luar harga.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1. Jumlah penjual dan pembeli banyak
2. Produk yang di perjual belikan bersifat homogen
3. Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam proses pembentukan harga
4. Posisi tawar menawar konsumen kuat
5. Harga di tentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran
6. Mudah untuk masuk dan keluar pasar

Kelebihan pasar persaingan sempurna :
1. Tidak ada produsen yang menentukan harga, sehingga hanya harga terendah yang berlaku di pasar
2. Banyak produsen dalam pasar
3. Produsen tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk iklan
4. Pasar ini merupakan pasar yang tepat bagi perusahaan-perusahaan kecil

Kelemahan pasar persaingan sempurna :
1. Jenis barang yang di jual homogen, sehingga produsen sulit menciptakan inovasi
2. Produsen mendapatkan keuntungan yang kecil karena mengikuti harga pasar yang terendah

B. Pasar Monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu pasar yang hanya memiliki satu penjual, sehingga pembeli tidak punya pilihan dan penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan harga. Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu perusahaan atau penjual. Dan barang yang di dagangkan pada pasar monopoli adalah barang yang unik atau langka.

Ciri-ciri pasar monopoli :
1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. Tidak ada barang substitusi yang mirip
3. Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
4. Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar

Kelebihan pasar monopoli :
1. Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli
2. Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya
3. Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil, sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar

Kelemahan pasar monopoli :
1. Tidak efisiennya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering di sebut timbulnya pemborosan
2. Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli
3, Timbul ketidak adilan karena keuntungan banyak di nikmati oleh produsen

C. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli yaitu pasar yang hanya terdapat beberapa produsen, di dalamnya yang saling memengaruhi dan bersaing dalam kualitas barang. Pasar oligopoli memiliki sedikit perusahaan atau produsen. Dengan menghasilkan barang standar atau berbeda corak, dalam pasar oligopoli adakalanya produsen tangguh dan adakalanya lemah dalam memengaruhi harga serta cukup sulit bagi produsen untuk keluar masuk pasar.

Ciri-ciri pasar oligopoli :
1. Terdapat beberapa penjual dan pembeli yang menguasai pasar
2. Barang yang di perjual belikan dapat homogen dan berbeda corak
3. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk pasar ini

Kelebihan pasar oligopoli :
1. Industri oligopoli bisa mengadakan inovasi dan penerapan teknologi baru yang paling pesat
2. Terdorong untuk berlomba penemuan proses produksi baru dan penurunan ongkos produksi
3. Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian

Kelemahan pasar oligopoli :
1. Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar yang di nikmati produsen
2. Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh
3. Terdapat kenaikan harga yang merugikan masyarakat secara makro

2. Latar Belakang Monopoli
Terjadinya suatu tindak monopoli dapat di sebabkan oleh beberap hal, contohnya di karenakan terdapat sebuah perusahaan yang menguasai suatu bahan mentah yang cukup besar, sehingga menyebabkan perusahaan lain tidak mampu untuk menciptakan produk yang sama seperti perusahaan besar tersebut. Terjadinya monopoli juga dapat di sebabkan karena adanya sebuah hak eksklusif yang di berikan oleh pemerintah kepada perusahaan tersebut. Namun, modal yang sangat besar yang di miliki suatu perusahaanpun dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya monopoli. Dengan persaingan yang kecil, maka suatu perusahaan dengan segala kemampuannya sesuai dengan yang telah di bahas di atas, mampu untuk tergiur melakukan tindak monopoli.

3. Etika Dalam Pasar Persaingan Sempurna (Kompetitif)
Terjadi apabila terdapat banyak sekali produsen yang menciptakan barang dengan kualitas dan karkteristik yang sama dan juga terdapat konsumen yang banyak. Ada dua etika yang harus di pegang oleh para pelaku pasar agar pasar selalu dalam kondisi ideal dan fairness, yaitu :
1. Adanya optimasi manfaat barang oleh pembeli dan penjual. Dapat di artikan sebagai pertemuan antara kebutuhan pembeli dengan penawaran barang oleh penjual. Bertemunya dua hal ini, menjadikan barang yang di transaksikan membawa manfaat dan menghilangkan kemubadziran dan kesia-siaan.
2. Pasar harus dalam kondisi ekuilibrium. Dapat di artikan sebagai titik pertemuan persamaan hak antara pembeli dan penjual. Dalam konteks ini, kewajiban-kewajiban masing-masing pihak harus terpenuhi terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲